Selasa, 12 Maret 2013

LAPORAN PENELITIAN PENGARUH KOREAN WAVE DI INDONESIA


BAB  I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
        
         Derasnya arus globalisasi menyebabkan komunikasi dan informasi yang  tidak mengenal batas, akibatnya muncullah pengaruh-pengaruh dari luar yang masuk begitu saja kedalam suatu Negara.

         Salah satunya Indonesia, yang sudah lama menerima arus globalisasi yang sangat segnifikan dari Negara luar khususnya Negara Korea. Pengaruh Korea tersebut awal munculnya dari produk-produk industri hiburan korea yang masuk ke Indonesia, berikut gejala-gejala masuknya pengaruh Korea.

*bumingnya drama-drama korea di Stasiun telavisi tanah air.
*Kecenderungan remaja Indonesia terhadap musik-musik korea.
*Sebagian besar media cetak di Indonesia sudah di warnai dengan informasi yang 
   berbaur korea.

         Masuknya produk korea-korea tersebut lambat laun akan mempengaruhi pola perilaku remaja khususnya Indonesia. Dan sebagian besar indenesia akan melupakan identitas cultural nasional dan local Indonesia yang di gantikan dengan budaya korea.

1.2 Rumusan Masalah
1. mengapa produk-produk korea khususnya di dunia hiburan di minati oleh remaja
       Indonosia ?
2.Bagaimana dampak positif dan dampak negative masuknya produk hiburan korea ke
      Indonesia?

1.3 Tujuan Masalah
1. Untuk mengetahui daya tarik produk hiburan korea bagi remaja Indonesia.
2. Untuk mengetahui dampak positif dan negative masuknya produk-produk hiburan
    Korea bagi remaja Indonesia.





1.4 Batasan Masalah
        
         Agar penelitian dapat terfokuskan dan terarah sesuai dengan tujuan kami, didalam penelitian ini kami meneliti dilingkungan Sma Negeri 1 Tanjungbumi dan siswa-siswi Sma Negeri 1 Tanjungbumi dengan permasalahan pengaruh produk hiburan korea.

1.5 Hipotesis
        
         Sebagian besar remaja Indonesia sudah terpengaruh oleh budaya-budaya korea yang masuk lewat dunia hiburan tanah air.








































BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Latar Belakang Masuknya Koreanisme ke Indonesia

         Pada korea-japan wolrd cup 2002 yang berakhirnya dengan masuknya korea sebagai kekuatan empat besar dunia dalam hal persepakbolaan semakin mempersohor korea dimata dunia. Contohnya adalah beberapa waktu menjelang, selama dan setelah hiruk pikuk world cup, beberapa stasiun televisi swasta ditanah air gencar bersaing menayangkan sinetron-sinetron maupun musik-musik korea. Bahkan, terdapat beberapa sinetron yang sukses dilayar kaca, sebut saja winter sonata dan endless love. Dua sinetron buatan negeri gingseng ini telah berhasil menarik perhatian sebagian masyarakat Indonesia, bahkan beberapa bintang sinetron tersebut telah menjadi idola di tanah iar.

2.2 Pengertian Koreanisme
         Situasi diatas adalah sebagian kecil dari apa yang disebut koreanisme. Istilah buatan yang bermakna pengaruh budaya modern korea dinegara lain yang mulai merebak dibanyak nagara asia, termasuk Indonesia. Mungkin banyak yang tidak menyadari bahwa Indonesia pun tidak luput dari pengaruh budaya korea.














2.3 Dampak Positif dan Negatif dari Koreanisme

*Dampak positif dari koreanisme
·   Belajar dan memetik budaya kerja korea misalnya:
·   Orang korea sangat menjunjung tinggi waktu
·   Menjaga komitmen
·   Bekerja untuk kesenangan
·   Berani berinovasi

*Dampak negatif dari koreanisme
·   Dapat mengakibatkan erosi budaya
·   Lenyapnya identitas kultural nasional dan local
·   Hilangnya semmangat nasionalisme
·   Maunya serba instans































BAB III
METEDEOLOGI PENELITIAN

Berikut adalah proses/cara yang ditempuh untuk memperoleh data penelitian

3.1 Lokasi Penelitian

   Didalam penelitian ini kami memperoleh data dari ruang lingkup SMA Negeri 1 Tanjungbumi.

3.2 Subjek Penelitian
  
Subjek penelitian kami adalah siswa-siswi SMA Negeri 1 Tanjungbumi.

3.3 Waktu Penelitian

   Waktu pemprosesan penelitian ini yang mencakup perolehan data, pengumpulan data serta tekhnik pengolahan ddan analisis data dalam kurun waktu 2 bulan.

3.4 Metode Penelitian

   Didalam penelitian ini kami menggunakan metode yang lazim yang digunakan antara lain:
        
1. Kajian Pustaka                    :  Untuk kelengkapan data pada landasan teori   yang
                                                kami Ambil dari internet dan media massa{Majalah}
                             
2. Metode Angket/Kuesioner :  Metode ini kami sebar keseluruh kelas denganjumlah
17 kelas dan dibiarkan 2 angket kemasing-masing
kelas dengan tekhnik {kuota}.

  3. Metode Wawancara          :   Dalam metode wawancara ini kami memperoleh data
secara langsung dari perwakilan perjenjang kelas  diambil satu orang diantara kelas X, XI, dan XII.

4. Metode Observasi             :  Selain ketiga metode di atas kami juga melakukan
penelitian langsung ke lapangan dengan responden siswa siswi sman 1 tanjungbumi . 



















BAB IV
HASIL PENELITIAN
4.1  Hasil Metode Angket

4.1.1 Produk yang Banyak di Sukai dan Penyebabnya

1. Drama / sinetronnya
         Produk-produk korea yang paling di minati oleh siswa siswi SMA N 1 tanjungbumi
Adalah drama atau sinetronya di mana hal tersebut telah mareka sukai sejak sekolah di sekolah menengah pertama.
        
         Alasan mereka menyukai sinetron atau dramanya karena dramanya mempunyai cerita tang menarik dan tidak bertele-tele slain itu drama korea mempunya cri khas sendiri yaitu sesuai dengan yang di inginkan remaja (romantis) selain itu para pemainnya sangat profesional dalam berekting. Maka tak salah jika drama korea dan sinetronya banyak yang menyentuh hati para remaja.
        
         Selain itu tata artistik drama jerea dengan indonesia sangat berbeda misalnya tempat syuting drama korea berfariasi tidak fokus terhadap sati tempat jadi tidak membosankan para penggemarnya.

2.Stylenya
         Selain  produk diatas tak kalah menariknya yaitu gaya busana korea yang cenderung glamour dan mirip dengan style harajuku.
Gaya busana korea ini sudah merambah kekanca internasional dan banyak remaja yang menyukai.

3. Musik / bandnya
         Produk korea yang tak kalah di minati oleh siswa-siswi SMA negeri 1 tanjungbumi adalah musik korea. Alasan mereka menyukai musik korea karma musik korea lebih menyentuh hati.(melonis) dan kebanyakan musik-musik korea ngebit dan disertai dengan dance ( tarian ) yang sangat fantastic didalamnya.
        
         Kebanyakan siswa-siswi SMA Negeri 1 Tanjungbumi mengenal musik-musik korea dari dramanya atau lebih dikenal ost (ordinary soundtrek ) pada saat melihat drama korea.






4.1.2 Pengaruh produk korea bagi siswa-siswi SMAN 1 tanjungbumi
        
         a.Dampak positif
·         Menambah wawasan agar tidaj\k ketinggalan zaman
·         Menambah inspirasi
·         Mengajarkan kita untuk mandiri
·         Hiburan

b.Dampak negative
·   Tidak menyukai produk dalam negeri
·   Mengikuti gaya / budaya korea
·   Membuat prestasi menurun dan malas
·   Kecandua akan produk korea tersebut
·   Meniru adagan dan gaya hidup yang tidak baik
·   Lupa wktu dan individualisme 

   Berikut adalah gambaran dari jawaban responden yang kami sajikan dalam bentuk diagram.

1.Apakah anda menyukai produk korea ?


 













2. Sejak kapan anda menyukai produk korea????


 






















3.Dari mana anda mengenal produk korea?


 















4. Manakah yang anda sukai antara produk indonesia dengan produk korea?


 













5. apakah ada pengaruhyang anda rasakan?



 

























4.2 Hasil Metode wawancara
        
         Siswa siswi SMA Negeri 1 Tanjung bumi mengenal produk-produk korea pertama kali yaitu dari tayangan televise dan dari koneksi internet, setelah itu dari media cetak      ( Majalah ).Produk-prooduk korea yang paling laris manis adalah dramanya karena drama korea tersebut mengandung unsure pendidikan dan mengajarkan kita untuk saling menghargai satu sama lain, selain itu drama korea juga cenderung mempunyai soundtrek yang lebih banyak dari pada Indonesia dan para pemainnya juga memakai busana-busana yang menonjol yang diamati oleh remaja, sehingga dari melihat drama korea kita juga akan disajikan dengan musik ala korea dan busananya ( Style )

         Agar pengaruh-pengaruh yang tidak baik bagi remaja SMA Negeri 1Tanjungbumi tidak begitu siynikan kita sebagai remaja harus mempunyai filter dan tidak terlalu fanatic terhadap produk korea tergantung kita yang menyaring baik dan buruknya produk-produk korea.
        
         Maraknya produk-produk korea dikalangan remaja menyebabkan remaja sering menirukan cirri khas dari budaya korea tersebut bukannya hanya Indonesia yang meniru-meniru produk korea sebagai inspirasinya, tetapi juga banyak Negara-negara asia yang sudah banyak menirukan.Contohnya Cina, Thailand, Jepang, dan lain-lain.

4.3. Hasil Metode Observasi

         Siswa-siswi SMA Negeri 1 Tanjungbumi rupanya sering sekali meniru adegan didrama korea, biasanya mereka juga memperoleh informasi dari internet untuk mendownload musik sampai gambarnya dan juga memperoleh informasi  dari majalah-majalah remaja.
        
         Selain itu siswa-siswi SMANTAB membicarakan tentang korea bukan setiap saat , melainkan pada saat ada produk-produk korea yang baru dan yang laris manis yang biasanya mereka incar.










BAB V
PENUTUP


5.1.Kesimpulan

1.   Produk-produk yang banyak disukai oleh para siswa-siswi SMA Negeri 1 Tanjungbumi adalah dramanya,Style dan musiknya  Alasannya produk korea lebih bagus , baru , beda dan lebih menarik di banding produk hiburan Indonesia.

2.      Masuknya budaya korea ketanah air juga membawa pengaruh positif : Menambah wawasan agar tidaj\k ketinggalan zaman, Menambah inspirasi, Mengajarkan kita untuk mandiri, Hiburan dan pengaruh negatif : Tidak menyukai produk dalam negeri, Mengikuti gaya / budaya korea, Membuat prestasi menurun dan malas, Kecanduan akan produk korea tersebut, Meniru adegan dan gaya hidup yang tidak baik, Lupa wktu dan individualisme.  



5.2 Kritik dan Saran
        
         a.Kritik
               Dalam pembuatan laporan penelitian kamimengharap kritikan yang membangun dari pembaca.

         b.Saran
1)      Sebaiknya drama Indonesia bias lebih meningkatkan kualitas ( ide cerita, ekting pemain, setting, dll )agar tidak kalah dengan drama lain.

2)      Produk-produk yang masuk ke Indonesia juga harus diseleksi terlebih dahulu agar tidak merugikan Indonesia sendiri.



        






















DAFTAR PUSTAKA


Kapan lagi. Com. 2009. “ Boomingnya budaya korea di Indonesia. Jakarta.

Tabloid Bintang Indonesia. 2010. “ Mencontek budaya korea dan jepang “.Edisi 1017. Jakarta. PT. Graha karya Berita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar